Friday 20th of September 2024
×

Printer Dot Matrix Adalah? Kenali Dulu Fungsinya Serta Kelebihan dan Kekurangan Berikut Ini!

Printer Dot Matrix Adalah? Kenali Dulu Fungsinya Serta Kelebihan dan Kekurangan Berikut Ini!

--

Baca juga: Sifat Sagitarius Wanita Dalam Percintaan, Jangan Mau Dimanfaatin Ternyata Bucin Banget!

Baca juga: Virgo Cocok dengan Zodiak Apa? Berikut Daftar 4 Zodiak yang Paling Cocok dan Dijamin Langgeng!

Kelebihan & Kekurangan


A. Kelebihan

Printer jenis ini biasanya digunakan di perusahaan-perusahaan besar karena hasil print out yang efektif dan efisien.
Berikut beberapa kelebihannya:

  • Low Cost
    Biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah karena tidak membutuhkan tinta seperti pada printer inkjet, sehingga mengurangi biaya pengeluaran perusahaan atau instansi untuk pengadaan printer, daripada menggunakan tinta.
  • Spesifik INK
    Printer tipe ini tidak menggunakan tinta pada umumnya, melainkan menggunakan pita khusus yaitu ribbon.
  • Multi print out
    Printer ini bisa mencetak kertas 3 rangkap sekaligus sehingga dapat menghemat waktu dan mempercepat proses cetak dokumen dll.
  • Low Cost Maintenance
    Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan relatif murah karena printer ini jarang mengalami error dikarenakan printer ini tidak memiliki tinta di luar yang artinya dapat digunakan untuk jangka panjang karena tintanya tidak akan pernah mengering.

B. Kekurangan

Walaupun printer jenis ini memiliki banyak kelebihan seperti yang di jelaskan diatas, tidak menutup kemungkinan printer ini memiliki kekurangan diantaranya :

  • Disturbing Sound
    Printer jenis ini memiliki suara yang cendrung berisik ketika proses printing, hal ini mungkin akan sedikit mengganggu orang di sekitar anda yang sedang berkonsentrasi ke hal lain.
  • Low Resolution
    Meski memiliki masa pakai yang cukup lama, printer ini ini memiliki kualitas resolusi hasil print out yang rendah kalau dibandingkan dengan printer inkjet.
  • Not Suitable to Print Picture
    Printer tipe ini tidak cocok untuk mencetak gambar karena gambar yang dihasilkan akan bintik-bintik dan kurang halus layaknya printer inkjet.

Baca juga: Virgo Cocok dengan Zodiak Apa? Berikut Daftar 4 Zodiak yang Paling Cocok dan Dijamin Langgeng!

3. Perbedaan 3 Warna Kertas Faktur

Continues Form Paper
Printer jenis ini menggunakan kertas khusus yaitu kertas “continues form”. Dari namanya sudah jelas ini merupakan kertas yang menyambung.

Kertas ini merupakan jenis kertas multiply yang bisa digunakan untuk melakukan print langsung salinannya tanpa perlu repot untuk foto copy lagi. Kertas “continues form” biasa digunakan untuk mencetak dokumen seperti kwitansi, invoice, nota, tanda terima uang, surat pesanan barang, faktur penjualan, surat jalan dll.

Perbedaan Warna 3 Rangkap Pada Faktur

A. Kertas Putih
Salinan pertama pada kertas faktur adalah warna putih, ini diserahkan untuk pembeli.

B. Kertas Merah
Salinan kedua pada kertas faktur adalah warna merah, ini disimpan penjual setelah ditanda tangani pembeli dan akan dijadikan lampiran saat penagihan dikemudian hari.

C. Kertas Kuning
Salinan ketiga pada kertas faktur adalah warna kuning, kertas ini disimpan di buku faktur atau sebagai dokumentasi perusahaan.

Sumber:

UPDATE TERBARU