Friday 20th of September 2024
×

Cara Membuat Penyearah Gelombang Penuh 2 Dioda dan 4 Dioda, Paling Mudah dan Praktis

Cara Membuat Penyearah Gelombang Penuh 2 Dioda dan 4 Dioda, Paling Mudah dan Praktis

--

VID, ASCOMAXX - Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat penyearah gelombang penuh 2 dioda dan 4 dioda yang tidak boleh kamu lewatkan.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya! Berdasarkan beberapa sumber, gelombang diartikan sebagai getaran yang merambat melalui medium, berupa zat padat, cair, dan gas.


Baca juga: Link Nonton Knowing Brothers Episode 444 Sub Indonesia, Member IVE Siap Tunjukkan Pesona Baru Mereka

Baca juga: Panas! Video Baby Suji Viral TikTok dan Twitter, Seleb Tobrut Cantik yang Bikin Warganet Gagal Fokus

Gelombang merupakan getaran yang merambat. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide yang berbentuk osilasi halus berulang.

Tentang Penyearah Gelombang Penuh

Dilansir dari berbagai sumber, penyearah gelombang penuh sering disebut juga dengan full wave rectifier. Perangkat tersebut merupakan alat yang digunakan untuk menyearahkan gelombang.

Dari yang semula merupakan tegangan searah (AC), kemudian diubah menjadi tegangan arus bolak-balik (DC). Secara umum, full wave retctifier berfungsi untuk menyelaraskan semua siklus gelombang.

Baik itu jenis gelombang positif, maupun jenis gelonbang negatif. Dalam pembuatannya, full wave retcifier biasanya menggunakan dua, hingga empat buah dioda.

Pada rangkaian penyearah gelombang penuh dengan filter kapasitor, untuk membuatnya kamu membutuhkan dioda sebanyak dua buah.

Akan tetapi jika menggunakan 4 buah dioda pada rangkaian. Maka hal tersebut hanya dapat dilakukan jika kamu menggunakan jenis transformator non CT (center tap).

Baca juga: Link Nonton dan Sinopsis Film The Boy and the Heron (2023) Petualangan Mahito Bersama Burung Mitologi

Sumber:

UPDATE TERBARU