Friday 20th of September 2024
×

Cara Membuat Penyearah Gelombang Penuh 2 Dioda dan 4 Dioda, Paling Mudah dan Praktis

Cara Membuat Penyearah Gelombang Penuh 2 Dioda dan 4 Dioda, Paling Mudah dan Praktis

--

Cara Membuat Penyearah Gelombang Penuh

Berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat penyearah gelombang penuh:

1. Penyearah Gelombang 2 Dioda


Jenis retcifier yang satu ini dirangkai dengan menggunakan dua buah dioda. Dimana dioda pertama adalah blok yang bekerja pada fasa positif, kemudian dioda yang satunya lagi berdiri pada blok negatif yang telah dibalik.

Pada penyearah gelombang yang menggunakan 2 dioda, rangkaian tersebut juga menggunakan transformator CT sebagai bagian dari komponennya.

Transformator CT dalam hal tersebut berfungsi untuk menghasilkan tegangan sinus yang berbeda pada kedua terminalnya. Dalam proses kerjanya, kedua dioda yang terdapat dalam rangkaian tersebut bekerja secara bergantian.

Kedua dioda tersebut saling berperan dan bekerjasama untuk menyearahkan tegangan AC pada rangkaian.

Baca juga: Link Nonton The Boy and the Heron (2023) Subtitle Indonesia GRATIS 1080 HD Movie, Mahito Maki Bangkit dari Keterpurukan Hidup

Baca juga: Cara Mendapatkan Sedekah Higgs Domino GRATIS 2024 Terbaru, Gampang Banget dan 100% Work

2. Penyearah Gelombang 4 Dioda

Penyearah gelombang yang satu ini menggunakan 4 buah dioda dalam rangkaiannya. Dimana dioda-dioda yang terdapat pada retcifier tersebut nantinya akan disusun dengan sistem jembatan (dioda bridge).

Jadi, 4 buah dioda nantinya akan disusun manjadi empat blok. Kemudian dioda-dioda tersebut akan bekerja secara bergantian sesuai dengan setiap fase yang terdapat pada sinyal sinus.

Berbeda dengan retcifier 2 dioda yang menggunakan dua buah lilitan, yakni lilitan atas dan bawah. Pada rangkaian dengan 4 dioda ini, kamu hanya membutuhkan 1 buah lilitan saja. Rangkaian tersebut tetap dapat menghasilkan tegangan output DC. 

Baca juga: Sinopsis Donghua Perfect World, Kebangkitan Shi Hao dari Klannya Menjadi Sosok Jenius Terkenal! Beserta Link Nonton Full HD

Rumus Penyearah Gelombang Penuh

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah mengani rumus penyearah gelombang penuh:

Vdc = (2xVmax) / π = 0,637 x Vmax = 0,9 x Vrms

Keterangan:

Vdc = jumlah tegangan DC yang dihasilkan.

Vmax = nilai puncak dari dioda penyearah.

Vrms = nilai rata-rata dari tegangan DC yang dihasilkan.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat penyearah gelombang penuh 2 dioda dan 4 dioda yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU