Friday 20th of September 2024
×

Keistimewaan Meninggal di Hari Rabu Menurut Islam, Benarkah Sama Spesialnya dengan Hari Jumat?

Keistimewaan Meninggal di Hari Rabu Menurut Islam, Benarkah Sama Spesialnya dengan Hari Jumat?

--

Mengenai pertanyaan keutamaan meninggal di hari Rabu, kami telah meniliti sejumlah kitab-kitab hadits  dan mencari kemungkinan adanya keterangan dari Nabi SAW tentang keistimewaan meninggal pada hari tersebut.

Namun kami tidak menemukan keterangan sama sekali yang menjawab pertanyaan mengenai keistimewaan meninggal pada hari Rabu.


Baca juga: Arti Orang Meninggal di Tibo Asat Sesuai dengan Primbon Jawa, Begini Rahasia Perhitungannya!

Baca juga: Apa Pengertian Zuhud Menurut Islam, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya dari Tafsir Al-Quran

Dengan demikian, jika berkembang di masyarakat suatu kepercayaan mengenai keutamaan meninggal di hari Rabu, maka ia merupakan kepercayaan yang tidak berdasar sama sekali.

Keistimewaan Meninggal di Hari Rabu Menurut Islam

Mengenai keutamaan meninggal pada hari Jumat, terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi, yang artinya: “Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah akan melindunginya dari adzab kubur.” [Sunan at-Tirmidzi/vol. III/hadits  ke 1074]

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Gerak Maknawi Dan Gerak Murni, Anggota Ekskul Seni Tari Wajib Tau

Secara lengkap sanad dari hadits  ini adalah at-Tirmidzi, Muhammad bin Basysyar, Abdurrahman bin Mahdi dan Abu Amir al-Aqadi, Hisyam bin Sa’ad, Sa’id bin Abi Hilal, Rabiah bin Saif, Abdullah bin Amr bin Ash.

Sumber:

UPDATE TERBARU