Friday 20th of September 2024
×

Apa Pengertian Zuhud Menurut Islam, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya dari Tafsir Al-Quran

Apa Pengertian Zuhud Menurut Islam, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya dari Tafsir Al-Quran

--

Pengertian Zuhud

Hakikat zuhud adalah mengalihkan kesenangan dari sesuatu kepada sesuatu yang lebih baik. Sedangkan, praktisnya zuhud adalah hilangnya hubungan hati dengan harta dan tidak harus kehilangan harta.

Imam Junaidi berkata, zuhud adalah menganggap kecil dunia dan menghapus pengaruhnya di hati. Kemudian, Imam Abu Sulaiman Ad-Darani mengatakan zuhud adalah meninggalkan segala sesuatu yang menyibukkan seseorang dari Allah.


Sedangkan, dijelaskan oleh Imam Sufyan Ats-Tsauri, zuhud dunia adalah terbatasnya angan-angan. Terakhir, dalam hadist dijelaskan zuhud di dunia adalah kesenangan hati dan badan di mana mencintai dunia memperpanjang kesusahan.

Baca juga: Siapa Ms Brew yang Viral di Tiktok dan Twitter Netizen Indo, Lagi-Lagi Masalah Pemersatu Bangsa

Keutamaan Zuhud

Keutamaan zuhud adalah memiliki posisi paling utama setelah bertakwa kepada Allah SWT. Pasalnya, zuhud menjadikan seseorang mencintai Allah dengan segenap hatinya.

Dalam hadist riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW bersabda, "Zuhudiah apa yang ada di sisi manusia, maka Allah akan mencintaimu, dan zuhudiah apa yang ada di sisi manusia, maka manusia akan mencintaimu."

Nah, demikianlah informasi mengenai pengertian zuhud menurut islam lengkap dengan ciri-ciri dan keutamaannya yang dapat kami sampaikan dan bisa digunakan untuk belajar sebagai acuan belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan sukses selalu dalam ujian!

Sumber:

UPDATE TERBARU